Monday - Saturday, 8AM to 10PM
Call us now 085659630177

MPLS 2019

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), juga dikenal menjadi Masa Orientasi Siswa (MOS) atau Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPD), adalah sebuah aktivitas yang generik dilaksanakan di sekolah setiap awal tahun ajaran guna menyambut kedatangan para peserta didik baru.

Masa orientasi lazim dijumpai pada taraf SMP dan SMA. Hampir semua sekolah negeri maupun swasta memakai cara itu buat mengenalkan almamater dalam siswa baru. Pada perguruan tinggi, kegiatan serupa dikenal menggunakan Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (disingkat Ospek).

MPLS dijadikan sebagai ajang buat melatih ketahanan mental, disiplin, dan mempererat tali persaudaraan. MPLS jua seringkali dipakai menjadi sarana perkenalan murid terhadap lingkungan baru di sekolah tersebut. Baik itu perkenalan menggunakan sesama siswa baru, senior, guru, sampai karyawan lainnya di sekolah itu. Tak terkecuali pengenalan berbagai macam kegiatan yg ada dan rutin dilaksanakan pada lingkungan sekolah.

Pada kebanyakan sekolah, umumnya MPLS sepenuhnya dilaksanakan oleh grup murid yang tergabung dalam Organisasi Siswa Intrasekolah (OSIS) menggunakan guru sebagai pihak pengawas, asisten dan pemantau kegiatan selama MPLS berlangsung. Di sekolah tertentu, terkadang MPLS hanya dilaksanakan oleh pihak guru dan ketua sekolah saja, baik dengan atau tanpa bantuan keterlibatan grup OSIS.

Di Smk Islam Nusantara  kegiatan MPLS di lakukan selama 3 hari berturut turut.

Komentari Tulisan Ini
Kepala Sekolah
Muhamad Ali, M.H.I.

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memeberikan rahmat dan rizki kepada kita semua Alhamdulilah dengan izin Allah, SMK ISLAM…

Iklan
Partner Host